Begini , 6 cara manjur Menghilangkan Jerawat

Wajahmu penuh jerawat? Bingung menghilangkannya gimana? Berikut ini adalah 6 cara menghilangkan jerawat secara alami yang efektif dan aman untuk kulitmu. Jerawat terjadi ketika sel kulit mati dan minyak di kulit menyumbat pori-pori serta folikel rambut. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami. Banyak hal yang dapat memicu munculnya jerawat, mulai dari makanan, kebersihan kulit, hormon, hingga tekanan emosional. Pada remaja, jerawat dapat terjadi karena adanya perubahan hormonal pada masa pubertas.



Jika kamu sudah menggunakan beragam jenis obat jerawat, tapi tak kunjung sembuh, jangan sedih. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang efektif dan aman untuk kulitmu.

1. Mengatasi jerawat dengan madu

Cara menghilangkan jerawat yang pertama dan mudah sekali kamu lakukan adalah dengan menggunakan madu. Madu, khususnya madu manuka dipercaya dapat menghilangkan jerawat di wajah. Pasalnya, madu ini mengandung antibakterial yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat dan menyembuhkan luka.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran madu dengan bubuk kayu manis untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan madu dan tiga sendok makan madu. Setelah diaduk hingga tercampur sempurna, kamu bisa memasukannya ke dalam microwave selama 30 detik agar tidak terlalu panas. Kemudian, oleskan ke wajahmu dan diamkan kurang lebih hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih.

2. Gunakan toner alami dari cuka sari apel

Selain menggunakan madu, kamu juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah. Cuka sari apel mengandung antiseptik alami, sehingga dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 59 ml air. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan sedikit ke dalam larutan tersebut. Oleskan selama sekitar 2 menit ke bagian wajahmu yang berjerawat. Lalu, bersihkan dengan air hangat.

3. Rawat wajahmu dengan masker yogurt photo

Tidak hanya segar diminum, yogurt juga bisa dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat di wajahmu. Pasalnya, kandungan di dalam yogurt dipercaya dapat menyembuhkan luka kulit dan melembabkannya secara alami. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan yogurt yang dicampur satu sendok makan madu. Lalu, oleskan secara merata ke bagian wajahmu. Setelahnya, diamkan selama 10 menit. Baru kemudian bersihkan lembut dengan menyekanya menggunakan kain lembab.

4. Hilangkan sel kulit mati dengan garam laut

Pori-pori tersumbat dan sel kulit mati dapat menyebabkan jerawat di wajah. Sehingga sangat penting bagi kulit untuk melakukan regenerasi untuk menghilangkan penumpukan. Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan scrub secara teratur. Tidak melulu harus beli. Scrub juga bisa kamu buat sendiri di rumah.
Caranya, siapkan garam laut, gula merah, dan kulit gabah. Sebagai campurannya, kamu memerlukan minyak kelapa, kefir, dan madu. 
Campuran ini bisa membantu untuk melawan bakteri, jamur, dan kandida berlebih pada kulit. Sedangkan bahan bertekstur membantu dalam menghilangkan kulit mati. Cara buatnya, campurkan dua sendok makan bahan kering seperti garam laut, gula merah, atau kulit gabah dengan sekitar 2 sendok makan campuran lainnya. Gosok pada kulit wajah dalam gerakan memutar. Mulai dari dahi kemudian ke bagian bawah. Jangan lupa berikan perhatian khusus pada daerah yang berjerawat. Setelahnya, bersihkan dengan handuk atau kain yang agak basah, lalu bilas hingga bersih.

5. Oleskan jerawat dengan antiseptik alami

Jerawat dapat bereaksi tehadap melalecua atau yang lebih dikenal sebagai tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak ini banyak digunakan di seluruh dunia sebagai antiseptik dan mengobati luka karena mampu melawan bakteri serta jamur. Penelitian menunjukkan bahwa gel yang terbuat dari minya pohon teh memiliki kandungan peroksida benzoil lima persen lebih efektif dibandingkan dengan obat lainnya. Meski begitu, reaksi setiap orang terhadap minyak ini mungkin akan berbeda satu dengan yang lainnya. Jika kamu tertarik menggunakannya, hal yang perlu kamu ingat adalah kamu harus mencampurkannya dengan minyak lain. Pasalnya, minyak ini termasuk keras jika langsung dioleskan ke kulit. Kamu bisa mencampurkan minyak ini sekitar 8 tetes dengan satu sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Selain itu, hindari penggunaan di daerah mulut atau bahkan tertelan. Minyak ini dapat menyebabkan reaksi beracun mulai dari ruam hingga koma.

6. Melembabkan kulit dengan minyak kelapa

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menjaga kelembaban kulitmu dengan minyak kelapa. Meski munculnya jerawat dapat disebabkan oleh kulit berminyak, menjaga kelembaban kulit yang berjerawat tetap harus diperhatikan. Minyak kelapa bisa menjadi pilihan yang tepat karena kandungan asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa memberikan reaksi yang kuat dalam melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang dapat membuat kondisi kulit dan rambut lembab dan sehat. Sebagai pelembab sehari-hari, cukup hangatkan sekitar seperempat sendok teh minyak kelapa, ratakan pada telapak tangan dan usapkan ke seluruh bagian wajah dan leher. Minyak akan menyerap ke dalam kulit selama lima menit. Bersihkan minyak dengan lembut menggunakan kain kering. Jumlah minyak yang telah terserap akan sesuai dengan yang dibutuhkan kulit untuk melembapkan. Minyak kelapa juga berfungsi sebagai tabir surya alami. Jika dibandingkan dengan tabir surya komersial yang dikemas dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi kulit sensitif dan kulit berjerawat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki nilai SPF 8, seperti halnya minyak zaitun.

Itulah 6 cara menghilangkan jerawat yang alami dan efektif yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulailah lakukan beberapa cara di atas dan jaga terus kebersihan wajahmu. Ingat, hindari makanan penyebab jerawat dan mulai konsumsi makanan sehat.


No comments